Mengenal Konsep Rumah Scandinavian yang Banyak Diminati

Mengenal Konsep Rumah Scandinavian yang Banyak Diminati

Mengenal Konsep Rumah Scandinavian – Berbagai literatur mengungkapkan bahwa rumah Scandinavian ini terinspirasi dari cara hidup masyarakat di negara-negara Skandinavia yang banyak bersangkutan dengan alam.

Seperti misalnya negara yang berada di belahan Eropa bagian utara ialah Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia.

Kesimpelan, minimalis, dan fungsional adalah tiga hal yang jadi ciri utama dari gaya rumah Scandinavian. Konsep sederhana dan minimalis misalnya, dapat ditemukan dalam dominasi warna-warna netral serupa putih dan abu-abu terang. Alih-alih sederhana, warna netral ini justru dapat menciptakan kesan mewah.

Mengenal Konsep Rumah Scandinavian yang Banyak Diminati!

Apa itu Rumah Scandinavian?

Rumah Scandinavian yakni salah satu desain yang bisa dikenali dari karakteristiknya yang simpel dan minimalis. Sesuai dengan namanya, desain Scandinavian ini datang dari negara-negara Nordic seperti Swedia, Norwegia, Denmark dan Islandia.

Ada 3 hal yang jadi kekhasan dari gaya Scandinavian, adalah simplicity (kesederhanaan ), minimalism (minimalis), dan functionality (fungsi ).

Konsep ini pun sejalan dengan selera para pecinta style minimalis karena gaya Scandinavian serta mengutamakan unsur ‘fungsi’ dari sekadar desain semata. Di mana ruang-ruang yang ada harus dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Namun tetap dipadukan dengan detail-detail interior yang sederhana dan sederhana.

Mengenal Konsep Rumah Scandinavian

Pada dahulunya, desain ini hanya populer dan diterapkan pada berbagai furnitur rumah, desain interior dan tekstil. Namun, hingga saat ini desain itu sudah mulai merambah pada berbagai industri besar serupa teknik sipil, desain arsitektur hingga otomotif.

Rumah Scandinavian tidak terlalu mementingkan kelengkapan furnitur, justru membatasi jumlah barang karena biasanya rumah bergaya Scandinavian luasnya tidak terlalu besar.

 

Prinsip Dasar Rumah Scandinavian

Saat ini desain rumah Scandinavian telah diadopsi di seluruh dunia karena dianggap cocok untuk segala iklim dan terkesan modern. Nah, jika tertarik menerapkan desain ini pada hunian Anda, setidaknya ada enam hal yang harus diperhatikan sebagai prinsip dasar rumah Scandinavian. Apa saja?

  1. Furnitur Multifungsi

Gaya desain Scandinavian memiliki ciri minimalis dalam penggunaan perabot. Perabot yang digunakan memiliki bentuk yang cenderung ramping, disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya. Tak heran jika hunian yang menerapkan desain ini menjurus terlihat lapang dan clean.

Penyebabnya, di negara-negara Eropa Utara sumber daya alam seperti kayu sangat terbatas. Masyarakat di sana berusaha memanfaatkan potensi alam sebaik mungkin. Mereka memilih membuat furnitur minimalis yang multifungsi supaya tidak menghabiskan asal usul daya alam mereka.

  1. Cahaya Alami Maksimal

Desain skandinavia umumnya memiliki bukaan yang besar sehingga memungkinkan Anda untuk tidak menggunakan penerangan lampu di siang hari. Hal ini dipengaruhi oleh musim dingin di wilayah Eropa utara yang berkepanjangan dan gelap.

Pada musim panas masyarakat di sana memaksimalkan pemanfaatan cahaya matahari dengan membuat hunian yang sarat memiliki bukaan lebar. Masyarakat Skandinavia sangat ahli dalam hal ini.

  1. Warna Natural

Penggunaan warna-warna natural yang terinspirasi dari alam, serupa krem, cokelat tiang, dan warna floral yakni salah satu prinsip dasar rumah Scandinavian. Warna putih serta kerap digunakan karena dianggap sebagai warna terbaik untuk merefleksikan cahaya matahari untuk menyinari ruangan secara alami.

  1. Tanaman

Di tengah dominasi warna natural, kamu dapat menyelipkan tanaman di dalam ruang. Masyarakat Skandinavia melakukan ini agar mereka dapat menikmati suasana luar rumah di dalam ruangan.

Lantaran, sepanjang masa dingin yang jauh mereka nyaris tidak mampu melaksanakan gerakan apapun di luar rumah. Dengan menaruh tanaman di dalam ruang, suasana hunian juga akan lebih hidup.

  1. Pemandangan Alam

Orang Skandinavia gemar menikmati pemandangan alam yang hijau dan menyegarkan. Karena itu, selain untuk memasukkan cahaya matahari ke dalam rumah, bukaan yang besar serta berfungsi untuk memperlihatkan pemandangan di luar rumah.

  1. Eco-Friendly

Masyarakat Skandinavia sangat memperhatikan kelestarian alam. Karena itu dalam membuat hunian mereka selalu mempertimbangkan unsur keramahan alam. Penggunaan furnitur yang minimalis dan pemanfaatan cahaya alami yang maksimal yakni bentuk upaya mereka dalam menjaga kelestarian alam.

Leave a Reply

4