Tips Merancang Interior Dapur yang Sederhana

Tips Merancang Interior Dapur yang Sederhana

Merancang Interior Dapur – Interior dapur sederhana dapat menjadi salah satu solusi untuk suatu ruangan dapur yang sempit. Tetapi, tetap tidak melupakan unsur estetika. Sehingga, tetap terasa nyaman dan tentunya tidak lepas dari fungsi dasarnya.

Dapur yang kecil tentunya menjadi momok bagi pemilik rumah atau penghuni apartemen. Pada kenyataannya, beberapa rumah dan apartemen memiliki dapur dengan ruang yang terbatas. Untungnya, bagi orang yang tinggal di rumah sendiri dapat bebas merenovasi dapur mereka agar tampak lebih besar dan luas.

Merenovasi dapur dengan ruang yang kecil tidak terdengar mudah. Sebab, ada beberapa hal yang membutuhkan perhatian khusus, mulai dari layout, perangkat, dan warna. Mari kita cari tahu bagaimana membangkitkan perasaan yang nyaman di suatu dapur yang kecil.

Merancang Interior Dapur

Interior dapur yang sederhana dapat dirancang agar rumah minimalis terlihat rapi dan terasa apik. Ruang dapur yang sempit bukan berarti memaklumi kondisi yang kotor dan jorok serta penempatan peralatan memasak dan perabot dapur secara berantakan. Pada rumah yang minimalis dengan ruangan yang terbatas, kita dapat menjadikan dapur menjadi dua fungsi, yaitu tak sekadar tempat memasak, tetapi juga ruang makan.

Terkadang, ruang makan pun dapat menjadi suatu ruang keluarga. Sebab ketika makan bersama, satu keluarga berkumpul di satu ruangan yang sama. Demi mencapai dua fungsi ini, Anda dapat menempatkan meja dan kursi makan pada ruangan yang menjadi satu dengan dapur.

Tips Merancang Interior Dapur yang Sederhana
Dalam menciptakan interior dapur yang sederhana, ada tiga area penting yang perlu diperhatikan, yaitu penyimpanan, pencahayaan, dan perabotan. Berikut ini adalah tips untuk merancang interior dapur yang sederhana, namun modern.

  • Apakah dapur perlu dibangun dengan pintu? Jika Anda ingin membuat dapur tampak lega, lebih baik tidak menggunakan pintu dan melebarkan jalur pintu. Selain itu, bisa juga memperbesar jendela dan membuatnya lebih tinggi. Sehingga, akses cahaya yang datang dari luar akan lebih mudah masuk. Anda pun dapat mempertimbangkan untuk meninggikan langit-langit dapur.
  • Warna yang cerah tak hanya dapat digunakan pada dinding atau langit-langit. Tetapi, dapat juga digunakan pada bahan-bahan untuk mendekorasi yang lainnya. Jangan pernah memasang ubin keramik pada dinding atau lantai karena bisa memberi efek yang buruk.
  • Carilah perabotan dan perlengkapan dapur dengan pertimbangan yang memadai, bisa dengan memikirkan konsep yang kecil. Ketepatan dalam memilih dapat membantu menciptakan ruang yang lebih.
  • Dapur harus memiliki ventilasi yang baik, agar sirkulasi udara berjalan lancar. Salah satu trik untuk mengatasi ini adalah dengan menempatkan dapur di bagian pinggir belakang rumah.
  • Selain ventilasi, pencahayaan pun penting. Demi menghemat penerangan dari lampu listrik, Anda dapat memanfaatkan cahaya matahari langsung dengan membuat jendela di tembok dapur luar.
  • Letakkan rak piring tak jauh dari tempat mencuci piring atau sink. Anda dapat memisahkan piring yang basah dengan yang kering, tanpa harus menggunakan dua macam rak piring. Cukup beri partisi atau pemisah pada rak piring tersebut. Misalnya dengan menempatkan peralatan makan yang basah pada bagian bawah dan yang sudah kering di sisi atasnya.
  • Masih terkait dengan sirkulasi udara, agar asap buangan saat memasak tak memadati seluruh ruangan, gunakan exhaust. Anda dapat memasang exhaust ini di sekitar kompor, lebih efektif jika persis di atasnya.
    Agar mudah dalam membersihkan kotoran di lantai dapur, sebaiknya lantai dapur dibuat lebih tinggi dari ruangan di sekitarnya.
  • Jika ternyata Anda memutuskan untuk tetap memisahkan antara dapur dan ruang makan, maka gunakan meja kecil di dapur sebagai tempat sementara meletakkan makanan yang baru selesai dimasak.
  • Padankan warna perangkat dapur atau kitchen set dengan warna dinding dapur agar tampak serasi.
  • Jalur pergerakan saat memasak pun perlu diperhatikan. Jika tempat lalu-lalang sempit, tentunya tidak nyaman. Maka dari itu, alokasikan juga area dapur untuk jalur pergerakan saat memasak.
  • Dalam kegiatan memasak sehari-hari, sebaiknya jangan meletakkan peralatan dapur di luar secara berceceran di mana-mana. Usahakan mengoptimalkan perangkat dapur atau kitchen set sebagai tempat penyimpanan.
  • Ketika merancang dapur, pertimbangkan letak stop kontak listrik untuk penggunaan peralatan dapur yang membutuhkan listrik seperti blender, lemari pendingin, atau kulkas dan microwave.
  • Sesuaikan pemakaian perangkat dapur atau kitchen set dengan luas dan bentuk dapur.
  • Jadikan pusat dapur Anda menjadi berguna. Caranya adalah dengan menciptakan semacam pulau di pusat dapur yang dapat menyediakan tempat penyimpanan yang dapat diakses dengan nyaman dari segala sudut dapur.
  • Pamerkan panci dan penggorengan Anda. Walaupun tadi juga disarankan agar tidak meletakkan peralatan dapur di mana-mana, hal ini tetap mengoptimalkan perangkat dapur karena memamerkan bukan berarti meletakkannya secara sembarangan. Tetapi, gantung panci dan penggorengan Anda pada rak panci. Ini merupakan cara yang sempurna untuk memberi ruang pada lemari penyimpanan peralatan makan dan masak.
  • Tentu saja cara ini juga menambah pesona dan karakter dari rancangan dapur kecil Anda.
  • Anda dapat juga menggunakan rancangan dapur secara galley, yaitu lemari perabotan dan peralatan dapur yang saling berjajar di kedua sisi koridor. Hal ini sangat efektif untuk dapur yang kecil.
  • Ciptakan ilusi atau tipuan mata dengan pencahayaan agar terasa ada ruang yang lebih. Hal ini dapat dilakukan dengan lemari yang memiliki pencahayaan. Pemakaian jenis pencahayaan yang sesuai akan menghasilkan dapur yang tampak lebih luas dan memuaskan.
  • Tempat penyimpanan sangat penting. Pasang konter yang lebih dalam, sehingga bisa mengakomodasi lebih banyak peralatan dapur dan meningkatkan ruang kerja.
  • Tipuan mata untuk dapat memperluas dapur juga dapat dilakukan dengan memasang ubin lantai secara diagonal.
  • Buatlah sudut makan pada dapur. Salah satu caranya adalah dengan menggunaan meja kecil dengan dua kursi kecil yang diletakkan di pojok dapur.
  • Terkadang, kurang itu lebih. Maka gunakan rak terbuka, di mana Anda dapat memajang perlengkapan makan dan peralatan dapur Anda.

Itulah beberapa tips Merancang Interior Dapur sederhana, semoga bermanfaat

Leave a Reply

4