Ruang Utama Rumah yang Wajib Ada

Ruang Utama Rumah yang Wajib Ada

Ruang Utama Rumah – Bagi keluarga mapan, mereka mungkin membutuhkan sebuah rumah yang representatifdengan teras yang lebih darisatu, ruangtamu cukup besar, ruang keluarga yang terpisah dengan ruang televisi, dapur kotor terpisah dengan pantry, ruang tidur yang banyak dengan KM/WC di dalam.

Kebutuhan ruang dan tampilan bangunan tentulah disesuaikan dengan kebutuhan si pemilik dan dana yang tersedia- Berikut ini beberapa ruangan umum yang biasa dibutuhkan pada rumah rumah sederhana.

Ruang Utama Rumah yang Wajib Ada

Teras

Ruang Utama Rumah

Teras biasanya berposisididepan dari keseluruhan posisi ruangan pada rumah. Teras berfungsi sebagai ruang penyambut bagi pemilik rumah dan tamu.

Ukuran yang biasa dibutuhkan untuk teras adalah seluas 1,5 m x 1,5 m atau 2 x 3 m. Teras biasanya hanya ruang kosong yang terbuka sebagai gerbang masuk dengan pintu utama ke dalam rumah dan jendela penerang ke dalam.

Karena posisinya yang cukup vital, teras menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari rumah induk. Dia juga biasa dipakai oleh penghuni rumah sebagai ruang santai dan ruang ngobrol. Selain di bagian depan, teras juga bisa diletakkan di belakang atau di samping posisi rumah. Lni tentu tergantung kebutuhan dan luas tanah yang dimiliki.

Bagi mereka yang ingin mempercantik penampilan rumah pengolahan teras yang ciamik akan memberi kesan mewah dan indah pada bangunan hunianya.

Ruang Tamu

Ruang keluarga yang biasa ditemui setelah teras adalah ruang tamu. Sesuai namanya, ruang tamu berfungsi sebagai ruangan untuk menerima para tamu. Ukurannya bisa 3 x 3 m, 3 x 4 m, 4 x 5 m atau lebih sesuai kebutuhan dan kemampuan si pemilik.

Bagi beberapa pemilik, ruang tamu bisa digabungkan dengan ruang keluarga, bahkan ruang makan. Namun, tentu saja penggabungan ruangan ini menjadi tumpang tindih dan terkadang perbedaan fungsi pada masing-masing ruangan menyebabkan ketidaknyamanan bagi penghuni rumah.

Semisal ketika tamu datang, si tamu, bahkan pemilik rumah, akan merasa terganggu tatkala ada anggota Lain yang sedang ngobrol atau bermain dengan anaknya.

Untuk menyiasati keterbatasan ruanbgan, seseorang bisa membuat partisi sebagai pemisah ruang berdasarkan fungsinya pemisah ruang ini bisa dalam bentuk konstruksi masif ataupun tidak. Konstruksi masi bisa berbentuk dinding pemisah dari batu bata.

Namun, pemisah ruangan tamu dengan runag lain juga bisa hanya dengan perbedaan ketinggian lantai, warna lantai, bahkan partisi tembus pandang, seperti dinding kaca atau gorden saja.

Ruang keluarga

Ruang Utama Rumah

Sebuah rumah memerlukan satu ruang untuk berkumbul bersama, bersenda gurau, menonton bersama, bahkan bermain dengan seluruh anggota keluarga. Nah, ruangan yang biasa dipakai untuk kegiatan kebersamaan ini adalah ruang keluarga.

Biasanya ruang keluarga berada di pusat orientasi dari ruang-runag yang ada di dalam sebuah hunian. Ruangan ini terintegrasi ke dalam ruang-ruang lain dan menjadi pemersatu bagi kegiatan utama dalam rumah. Sama halnya dengan ruangan lain yang bisa “dipoligami” secara fungsi, ruang keluarga juga bisa difungsikan untuk beberapa kegiatan.

Biasanya, ruang keluarga yang juga disebut ruang tengah ini juga dipakai untuk runag makan, ruang tv, dan ruang bermain anak-anak.

Ruang tidur/Kamar Tidur

Setalah sibuk dengan kegiatan dan pekerjaan sehari-hari, penghuni rumah membutuhkan sebuah ruangan khusus untuk beristirahat, melepas kepenatan, lelah, dan tidur pulas tau untuk mengistirahatkan seluruh organ tubuh mereka agar besok kembali fit untuk berkegiatan lagi.

Nah untuk menyiasti ruang yang sempit, biasanya dapur didesain dengan menempatkan elemen seperti kitchen set yang sesuai kebutuhan. Tidak perlu banyak furniture yang digunakan, cukup fungsional saja.

Kamar mandi

Ruang Utama Rumah

Setelah beberpa ruangan di atas kita bahas, rasanya tidak adil kalau kita tidak membahas juga runagan kecil ini yaitu kamar mandi. Seluruh ruangan sama-sama pentingnya, tetapi rasanya bukanlah sebuah rumah yang baik jika tidak menempatkan sebuah KM/WC di dalamnya.

Lebih baik tidak memiliki ruang tamu dari pada tidak memiliki kamar kecil.  Untuk desain kamar mandi sendiri Anda bisa mencari inspirasi di platfom media.

Leave a Reply

4