Jasa Konsultan Arsitektur Profesional

Jasa Konsultan Arsitektur Profesional

Jasa Konsultan Arsitektur – Pengetahuan orang awan umumnya mengetahui konsultan arsitektur hanya membuat desain bangunan saja, tetapi sebenarnya konsultan arsitektur terlibat mulai dari perencanaan awal hingga akhirnya bangunan terbangun.

Konsultan arsitektur yang profesional dan terlatih serta berpengalaman akan mampu mengelola seluruh aspek ini, mulai dari perencanaan, desain hingga pelaksanaan pembangunan mbangunan tersebut.

Para arsitek yang berperan sebagai konsultan arsitektur akan memikirkan desain bangunan dari segala aspek secara detail. Setiap bagian dari bangunan di desain satu persatu dengan memperhatikan keharmonisan satu sama lain.

Sehingga ketika tiap bagian dari bangunan ini disatukan, dapat menghasilkan suatu bangunan dengan desain yang utuh sesuai dengan konsep desainnya, sesuai dengan gambar dua dan tiga dimensinya dan kemudian diwujudkan dalam pelaksanaannya.

Keseluruhan proses inilah yang dilakukan oleh konsultan arsitektur. Sebagai perbandingan, seringkali seseorang mencampuradukan beberapa gaya arsitektur yang menurutnya bagus untuk diterapkan dalam rumah impiannya.

Jasa Konsultan Arsitektur Profesional

Mengambil contoh dari majalah, internet atau media lainnya. Kemudian ia pun membeli beberapa furniture dan aksesoris interior yang menurutnya menarik. Tetapi setelah diimplementasikan dalam bangunan dan interiornya, contoh-contoh dan furniture yang bagus-bagus itu malahan menjadi aneh atau tidak pas satu sama lain.

Hal ini bisa terjadi karena tidak ada konsep pengikat dalam desain arsitektural maupun interiornya. Aspek-aspeknya tidak dipertimbangkan dari berbagai sudut, keharmonisan tidak dijaga, kemudian detailnya juga tidak diperhatikan. Dengan peran seperti di atas, konsultan arsitektur memberikan pengaruh yang besar bagi suatu proyek bangunan.

Semakin awal keterlibatan konsultan arsitektur dalam proyek tersebut, akan semakin luaslah pemilihan solusi desainnya. Untuk penjelasan yang lebih mudah, seorang konsultan arsitek akan lebih leluasa ‘bergerak’ dan berkreasi jika dilibatkan dari awal.

Jasa Konsultan Arsitektur

Misal, mendesain bangunan dari nol akan lebih mudah daripada renovasi. Karena ketika mendesain dari nol, aspek-aspek seperti struktur bangunan yang sudah ada, dinding yang ingin dipertahankan tidak perlu dipertimbangkan.

Atau contoh yang lain misalnya konsultan arsitek baru dilibatkan ketika bangunan sudah setengah jadi, kemudian ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan. Tentu saja penyesuaian tersebut membutuhkan biaya tambahan.

Demikian juga dengan solusi desainnya, alternatif yang ditawarkan pun jadi lebih terbatas karena harus mempertimbangkan banyak aspek termasuk bagian proyek yang sudah terlanjur terbangun. Hal ini juga yang mampu mengoptimalkan aspek biayanya.

Semakin banyak persyaratan dan keterbatasan dari suatu proyek, maka semakin sulit pula untuk ‘bergerak’. Kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan untuk setiap proyek. Setiap proyek adalah unik.

Masing-masing proyek memiliki kebutuhan yang berbeda serta aspek-aspek pertimbangan yang berbeda disesuaikan dengan kondisi dan situasinya. Jadi hampir tidak mungkin untuk mengcopy-paste desain, yang sama persis dari satu proyek ke proyek lainnya.

Tentu saja bisa jika sekedar dipaksakan. Namun hasilnya tidak akan semaksimal jika proyek tersebut didesain sesuai dengan kebutuhannya, yang mempertimbangkan seluruh aspek serta situasi dan kondisi khusus pada masing-masing proyeknya.

Sebagai konsultan arsitektur yang baik, ia harus mampu memberikan layanan dasarnya yaitu desain, kemudian menawarkan alternatif solusi desain, mengoptimalkan biaya, memberikan rekomendasi, pandangan, mengarahkan klien untuk mendapatkan desain yang terbaik untuk memenuhi kebutuhannya dan membantu klien dalam proses pengambilan keputusan yang terbaik.

Konsultan arsitek bukan hanya sekedar mengikuti semua keinginan klien saja tetapi harus mampu memberikan masukan sesuai dengan latar belakang ilmu yang dimilikinya. Penyesuaian mungkin saja terjadi, namun tentunya dengan tujuan untuk mendapatkan hasil terbaik bagi proyek tersebut.

Peran Konsultan

Pengawas :

  1. Menyelenggarakan administrasi umum   mengenai   pelaksanaan   kontrak kerja.
  2. Melaksanakan pengawasan secara  rutin  dalam  perjalanan  pelaksanaan proyek.
  3. Menerbitkan laporan prestasi  pekerjaan  proyek  untuk  dapat  dilihat  oleh pemilik proyek.
  4. Konsultan pengawas memberikan saran atau pertimbangan kepada pemilik proyek maupun kontraktor dalam proyek pelaksanaan pekerjaan.
  5. Mengoreksi dan menyetujui   gambar   shop   drawing   yang   diajukan kontraktor sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan proyek.
  6. Memilih dan memberikan  persetujuan  mengenai  tipe  dan  merek  yang diusulkan   oleh   kontraktor   proyek   namun   tetap   berpedoman   dengan kontrak kerja konstruksi yang sudah dibuat sebelumnya.

Untuk anda yang ingin bekerja sama dengan jasa arsitektur rumah Anda bisa hubungi call/wa 0821 3000 6750 & 081 132 132 03.

Leave a Reply

4