Inspirasi Rumah Adat Krong Bade

Inspirasi Rumah Adat Krong Bade

Inspirasi Rumah Adat Krong – Rumah adat krong bade ini adalah rumah dari nanggroe aceh darussalam itu merupakan hasil perpaduan budaya melayu dengan Islam yang ada di nusantara.

Rumah adat Krong Bade sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan masih bertahan hingga kini Anda yang jadi generasi milenial perlu mengetahui setiap makna filosofis dari pembangunan rumah adat ini.

Inspirasi Rumah Adat Krong Bade

Provinsi ini yang dijuluki sebagai serambi mekkah ini punya rumah adat yang sangat mewah namanya ialah krong bade masyarakat lokal menyebutnya dengan nama rumoh aceh sesuai lokasi di mana rumah tersebut berada.

1. Ukiran Melambangkan Status Ekonomi

Inspirasi Rumah Adat Krong

Inspirasi rumah krong bade bisa dibilang mulai menyebar luas dan bisa dibangun oleh para bangsawan aceh pada zaman dulu rumah yang bagus ialah kebanggaan bagi para penghuninya.

Rumah krong bade ini memang menggunakan material utama kayu keras jadi banyak sudut rumah yang bisa diukir dengan berbagai macam pola.

2. Dibangun Tanpa Menggunakan Paku

Inspirasi Rumah Adat Krong

Lupakan penggunaan paku jika Anda ingin membangun krong bade ada ketentuan adat yang mengharuskan krong bade asli dibangun tanpa paku.

Mereka ini memanfaatkan material yang tersedia melimpah di alam masyarakat pada masa itu masih dekat dengan kehidupan hutan.

3. Anti Gempa

Inspirasi Rumah Adat Krong

Inspirasi rumah krong krong bade ini berbentuk rumah panggung dengan tiang penyangga yang kokoh tiang ini berdiri di atas pondasi batu yang besar.

Zaman dulu batu batu besar harus dibentuk dulu menjadi pipih agar bisa menopang tiang dengan baik hal ini ternyata membuat rumah semakin kuat bahkan jadi tahan gempa.

4. Memberi Hormat Setiap Memasuki Rumah Adat

Inspirasi Rumah Adat Krong

 

Masyarakat aceh sangat menjunjung tinggi adat istiadat atau norma kesopanan bahkan norma ini juga mereka terapkan dalam pembuatan rumah.

Pada bagian depan rumah adat krong bade ini masyarakatnya menyediakan gentong air tamu yang akan datang akan dipersilahkan untuk mencuci tangan dan kaki lebih dulu.

5. Jumlah Anak Tangga Atau Ganjil

Inspirasi Rumah Adat Krong

Anak tangga ini yang menghubungkan antara permukaan tanah dengan lantai rumah ternyata harus berjumlah ganjil tinggi tangga penghubung ini sendiri sekitar 2 – 2,5 meter.

Karena itulah simbol kedekatannya mereka dengan Allah SWT disimbolkan dengan anak tangga pemilik rumah hanya meletakkan satu anak tangga yang ditaruh di bagian teras depan rumah.

Pembagian Ruangan

1. Bagian Ruang Depan

Ruangan paling depan dari krong bade berfungsi sebagai ruang tamu umumnya ruangan ini didesain sangat luas dengan perabot yang minim.

Ruang depan di rumah adat krong bade ini berfungsi ganda ruang depan bisa digunakan untuk menerima tamu.

2. Bagian Ruang Tengah

Inti dari Inspirasi rumah krong rong bade ialah ruangan tengah ruangan ini dibuat sangat luas atau juga minim perabotan bahkan tidak ada meja dan kursi sama sekali.

Ruang tengah ini adalah tempat di mana penghuni rumah berkumpul karena itulah tidak semua orang bisa masuk ke ruang tengah ini apalagi seorang tamu ia hanya diizinkan masuk sampai ruang depan saja.

3. Bagian Ruang Belakang

Ruang paling belakang dari rumah krong bade adalah tempat makan lantai ruangan ini dibuat lebih rendah dibandingkan 2 ruangan yang sudah dijelaskan tadi.

4. Bagian Ruang Bawah

Tidak sama dengan rumah panggung lainnya yang membiarkan bagian kolong rumah tak difungsikan krong bade justru tetap memanfaatkan spot ini.

Ruang bawah yang langsung menyentuh tanah ini biasanya digunakan untuk menyimpan benda benda besar milik tuan rumah.

Makna Rumah Krong Bade Atau Filosofis

Semua rumah adat di Indonesia dibangun atas landasan makna filosofis tertentu tak terkecuali krong bade gambar rumah adat krong bade memang terlihat megah dan indah.

Wujud penyesuaian diri nenek moyang masyarakat aceh dengan lingkungan adalah desain rumah panggung pada krong bade.

Desain ini adalah inovasi masyarakat agar terlindung dari serangan hewan buas terutama harimau Sumatera yang dulu masih banyak.

Anak tangga berjumlah ganjil adalah perlambang dari sifat sifat Allah SWT yang juga berjumlah ganjil ini adalah ungkapan bahwa masyarakat aceh punya sifat religius yang tinggi.

Prosesi Pembangunan Rumah

Musyawarah

Anda harus terlebih dulu harus mengumpulkan tokoh masyarakat atau ulama setempat untuk diajak bermusyawarah

ada banyak hal yang harus kamu bicarakan mulai dari pemilihan lokas di mana mencari bahan material hingga kapan harus dilakukan upacara selamatan.

2. Pengumpulan Bahan Bangunan

Inilah kadang yang membuat proses pembangunannya rumah krong bade jadi lama karena harus mengumpulkan kayu atau batu dalam jumlah banyak Anda juga harus membuat dinding pintu dan jendela dengan ukiran yang indah.

3. Mengolah Material Bangunan

Jika semua material sudah datang Anda akan bertugas untuk mengolahnya maksudnya material ini harus dibentuk sesuai kebutuhan.

Kayu ini harus dipotong menjadi tiang papan, lantai, dinding, pintu atau daun jendela sedangkan batu harus dipotong potong untuk pondasi bangunan rumah.

4. Proses Pembangunan

Jika 3 tahap telah dilalui dengan lancar kini saatnya Anda membangun krong bade impian pertama Anda harus membangun tiang pancang sesuai denah yang sudah dibuat kemudian pengerjaan akan berlanjut pada pemasangan kerangka atap rumah dinding dan memasang rumbia.

Bahan Bangunan Rumah Adat

Ada beberapa bahan yang harus masyarakat siapkan saat membangun rumah adat krong bade bahannya cukup banyak sebenarnya mulai dari kayu tiang yang berukuran besar papan kayu batu kali ijuk atau juga bambu jika tidak ada ijuk maka bahan atap bisa menggunakan rumbia atau daun enau.

Bahan yang digunakan berupa kayu atau ijuk menjadi perlambang bahwa nenek moyang masyarakat Aceh dekat dan menghormati alam.

Ukiran atau lukisan di dinding rumah adalah simbol bahwa masyarakat menyukai keindahan atau seni rumah krong bade harus menghadap ke utara atau selatan.

Rumah adat  ini bentuknya memanjang dari barat ke timur pemilihan arah rumah ini juga jadi pertanda bahwa masyarakat religius dan berusaha menghadapkan rumah ke arah kiblat.

Itulah beberapa Inspirasi Rumah Adat Krong yang cantik dan indah. Nah, untuk Anda yang ingin mendesain rumah kami Dinastiarsitek siap untuk mewujudkan desain rumah sesui dengan keinginan Anda.

Leave a Reply

4