Fungsi Penting Desain Plafon Ruang Tamu

Fungsi Penting Desain Plafon Ruang Tamu

Fungsi Penting Desain Plafon – Setiap bagian rumah yang dibangun pasti memiliki fungsi dan maksud tertentu. Begitu pula dengan pemasangan plafon di ruang tamu dan di ruang-ruang lainnya di dalam rumah. Plafon atau sering disebut juga langit-langit merupakan bagian atas sebuah ruangan dan dibawah rangka atap.

Sebenarnya plafon tidak memiliki fungsi secara struktural dalam sebuah rumah. Artinya rumah tetap bisa berdiri dan digunakan meski tidak dipasang plafon.

Fungsi Penting Desain Plafon Ruang Tamu

Fungsi utama plafon adalah untuk kerapian, keindahan, dan juga kesehatan bagi penghuni rumah. Plafon dipasang terutama untuk penutup rangka atap dan menyembunyikan instalasi listrik.

Plafon juga memiliki fungsi penting berkaitan dengan kesehatan. Desain plafon ruang tamu maupun di ruangan lainnya akan menahan kotoran yang jatuh dari atap melalui celah-celah genteng sehingga rumah tidak cepat kotor.

Seiring berjalannya waktu, saat ini plafon rumah menjadi bagian penting dalam desain interior di rumah kita. Banyak berbagai macam dan model plafon yang dapat membuat rumah kita menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditinggali.

Salah satu ruangan yang menjadi pilihan pertama untuk diplafon biasanya adalah ruang tamu. Inilah ruang dimana kita menerima tamu yang datang ke rumah dan pastinya kita ingin memberi kesan yang baik dengan adanya plafon yang indah diatas ruang tamu.

Macam-macam Plafon Ruang Tamu Minimalis

Plafon bisa dibuat dari beberapa macam bahan, seperti gypsum, pvc, kayu, triplek, dan masih banyak lagi. Ciri utama bahan yang bisa digunakan sebagai pembuat plafon adalah bahannya yang ringan sehingga tidak membahayakan jika jatuh.

Untuk lebih mengenal macam-macam plafon berikut akan kami ulas satu persatu bahan yang populer digunakan sebagai bahan plafon rumah minimalis.

  1. Desain Plafon Ruang Tamu Dari Gypsum

Fungsi Penting Desain Plafon

Gypsum menjadi bahan yang paling populer untuk pembuatan plafon. Selain harganya yang tidak terlalu mahal, hasil plafon gypsum juga akan sangat indah. Jenis plafon gypsum bisa digunakan pada ruang tamu berkonsep minimalis maupun klasik.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangn plafon gypsum di ruang tamu minimalis? Harga plafon gypsum dihitung per meter persegi. Kisaran harga antara Rp 80.000 – Rp 150.000 tergantung pada jenis dan ketebalan gypsum yang digunakan. Berikut contoh plafon gypsum pada ruang tamu minimalis maupun klasik.

  1. Desain Plafon Ruang Tamu dari Kayu

Kayu memiliki keunggulan dibandingkan jenis bahan yang lain. Plafon dari kayu akan memberi kesan alami pada suatu ruangan yang tidak bisa dimiliki oleh jenis plafon lainnya. Ruang tamu minimalis yang menggunakan plafon kayu akan terlihat cantik dan menarik.

Sayang jenis plafon ini membutuhkan biaya yang cukup mahal. Untuk mensiasati biaya yang dikeluarkan, sebagian pemilik rumah menggabungkan kayu dengan bahan lainnya untuk bahan plafon rumah mereka.

Lalu berapa kisaran pemasangan plafon kayu? Untuk plafon dari bahan kayu biasanya dihitung berdasarkan jenis kayu yang digunakan serta biaya pemasangannya.

Harga plafon kayu berkisar antara Rp 250.000 – Rp 350.000 /m2 sedangkan untuk pemasangan berkisar antara Rp 130.000 – Rp 200.000 /m2. Berikut beberapa contoh penggunaan plafon kayu di ruang tamu.

  1. Desain Plafon dari Fibersemen

Fungsi Penting Desain Plafon

Fibersemen termasuk bahan baru untuk plafon. Jenis plafon ini hampir sama pengerjaannya dengan plafon gypsum. Salah satu keunggulan plafon fiber adalah kemampuannya untuk ternoda bila ada kebocoran diatap rumah. Namun jenis plafon ini tidak terlalu tahan terhadap benturan.

 

  1. Desain Plafon dari Triplek

Triplek termasuk bahan tradisional untuk plafon. Harganya yang murah dan mudahnya pemasangan membuat triplek menjadi pilihan favorit beberapa tahun yang lalu. Saat ini kepopuleran triplek digantikan dengan gypsum yang lebih mudah dibentuk.

Demikian beberapa contoh gambar model desain plafon ruang tamu minimalis, semoga bisa memberi inspirasi bagi Anda yang sedang mencari bentuk plafon yang cocok untuk ruang tamu di rumah Anda.

Leave a Reply

4