Desain Rumah Dengan Tangga Di Luar

Desain Rumah Dengan Tangga Di Luar

Desain Rumah Dengan Tangga – Kebanyakan orang lebih suka memasang tangga menuju lantai atas pada rumahnya dengan konsep tertutup di dalam ruangan dengan alasan lebih aman nyaman sehingga tidak perlu keluar rumah jika ingin ke lantai atas.

Saat muncul model baru yang mulai menggeser pemikiran lama yaitu konsep desain tangga di luar sehingga tangga akan terlihat oleh orang lain dari luar rumah tren ini sebenarnya sudah ada sejak lama tetapi baru saja di mulai dikembangkan belum lama ini karena inovasi.

Desain Rumah Dengan Tangga Di Luar

Konsep tangga yang ditempatkan diluar rumah ini dipercaya sebagai salah satu nilai estetika tersendiri oleh karena itu sebagian orang sebenarnya konsep tangga outdoor ini sudah banyak digunakan pada bangunan bangunan besar seperti contohnya masjid, sekolah, rumah sakit, dan juga perkantoran.

Desain Rumah Dengan Tangga

Penempatan tangga diluar ruangan ini sebenarnya juga memiliki kelebihan maupun kekurangan kelebihannya yaitu tidak memakan tempat di dalam ruangan sehingga ruangan akan tampak lebih luas selain itu konsep desainnya yang cantik sekaligus sebagai eksterior bangunan rumah.

Disamping dengan kelebihan tersebut penempatan tangga secara outdoor juga memiliki kekurangan tangga yang ditempatkan di luar ruangan akan memiliki resiko kerusakan yang lebih besar dari pada yang di dalam ruangan kerusakan ini bisa dipengaruhi oleh cuaca.

Desain Rumah Dengan Tangga

Selain itu tangga diluar rumah juga akan sedikit merepotkan ketika Anda harus segera naik dalam kondisi terburu buru Anda harus sudah keluar rumah terlebih dahulu belum lagi apabila cuaca sedang hujan lantai akan licin tangga akan dibasahi oleh air hujan.

Berbeda cerita jika Anda ingin memasangkan kanopi pada tangga Anda sehingga desainnya menyerupai model tangga pada beberapa kafe atau tempat nongkrong di rooftop hal ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk menjaga tangga agar bisa lebih aman.

Baca Juga:  Inspirasi Desain Rumah Tropis Minimalis Modern

Inspirasi Membangun Rumah dengan Tangga di Luar

Desain Rumah Dengan Tangga

Yang pertama ketika Anda menggunakan bahan material berupa besi kayu untuk membuat tangga yaitu tangga dengan kerangka pegangan yang terbuat dari besi material kayu untuk anak tangga konsep ini cocok untuk diterapkan pada hunian rumah minimalis sederhana dan semi permanen.

Beberapa kekurangannya yaitu anak tangga dari kayu yang tidak tahan dengan rayap sehingga Anda memerlukan kayu dengan kualitas terbaik serta cat pelapis yang efektif untuk kayu juga akan mudah gapuk dengan perubahan cuaca apabila tidak dilakukan pemeliharaan dengan baik.

Untuk kerangka pegangan besi juga lama kelamaan akan berkarat maka perlu adanya perawatan khusus yaitu pelapisan besi dengan cat anti karat secara teratur serta pembersihan tangga dengan berkala pada material besi dengan kayu kurang cocok jika ditempatkan di luar ruangan.

Berikutnya ada konsep model tangga luar rumah yang berbentuk spiral tangga spiral atau tangga melingkar merupakan tangga yang dipasang secara memutar tangga yang bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki luas lahan terbatas.

Selain hemat ruang tangga spiral ini memiliki tampilan yang menarik untuk dipandang harga tangga ini juga relatif lebih murah karena struktur materialnya yang sederhana proses pemasangannya juga praktis dan tidak memakan banyak waktu.

Yang ketiga ada tangga kayu yang ditempatkan di luar rumah semacam taman pribadi sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan material kayu rawan terhadap rayap pelapukan tetapi Anda juga tetap masih bisa menggunakannya dengan dipasangkan kanopi.

Pemasangan kanopi ini bertujuan untuk menjaga kayu agar lebih tahan lama juga aman dari cuaca selain itu juga akan memudahkan penghuni rumah ketika ingin menggunakan tangga dalam seandanya hujan Anda tidak akan kebasahan karena terlindungi oleh kanopi itu.

Baca Juga:  Fungsi Penting Desain Plafon Ruang Tamu

Selanjutnya yaitu konsep tangga dengan tipe cor beton model tangga ini banyak digunakan pada bangunan bertingkat semi permanen seperti rumah tinggal, toko, maupun kantor tangga cor beton ini bisa Anda padukan dengan pegangan yang terbuat dari besi dan kayu.

Beton merupakan bahan material yang kuat, kokoh, tahan lama mudah dibentuk penggunaan tangga dalam jangka waktu yang lama sehingga hemat biaya perawatan dan penggantian Anda bisa melapisi tangga cor beton dengan keramik bermotif sehingga akan menambah nilai estetika yang bagus.

Leave a Reply

4