10 Tempat Bersarangnya Kuman di Rumah yang Wajib Rutin Dibersihkan

10 Tempat Bersarangnya Kuman di Rumah yang Wajib Rutin Dibersihkan

Tempat Bersarangnya Kuman – Untuk menjaga kesehatan kita harus menjaga kebersihan lingkungan, apalagi saat dianjurkan untuk tetap di rumah Saat pandemi. Ini bisa menjadi kesempatan untuk menjaga kebersihan rumah. Ada banyak tempat di dalam rumah yang bisa menjadi sarang kuman, namun seringkali luput dari proses pembersihan rumah.

Jika area tersebut terkena air atau kelembaban, area tersebut berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Namun selain itu, ada juga area kering di dalam rumah yang justru rawan menjebak kotoran yang bisa mengganggu kesehatan.

10 Tempat Bersarangnya Kuman di Rumah yang Wajib Rutin Dibersihkan

1. Pegangan pintu
Pegangan yang sering bersentuhan dengan tangan akan berisiko menjadi tempat berkumpulnya, misalnya gagang pintu lemari, gangang pintu kamar.

2. Kulkas
Tempat penyimpanan makanan ini rentan terhadap akumulasi kuman, terutama saat diisi dengan makanan atau bahan mentah. Jika Anda tidak memperhatikan cara menyimpannya, makanan bisa membusuk. Dan membuat kuman menempel di lemari es Anda bisa mencegahnya dengan menyimpan makanan mentah di tempat tertutup sebelum memasukkannya ke dalam lemari es.

Tandai tanggal makanan itu disimpan. Agar Anda tahu saat makanan sudah tidak layak untuk dikonsumsi dan segera keluarkan dari lemari es untuk menghindari kuman mengontaminasi makanan lainnya.

3. Kompor
kompor berasal dari pembersihan diinjak, dan tumpahan saat memasak kompor terutama kompor gas, juga memiliki banyak celah yang sering tidak terjangkau saat dibersihkan noda yang disebabkan oleh minyak dan lemak juga termasuk noda yang sulit dibersihkan.

Sehingga tidak jarang pemilik rumah malas untuk membersihkannya. Dan inilah yang membuat kompor semakin menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

4. Sink (Westafel)
Sisa sabun yang tidak dicuci bersih lama kelamaan akan membuatnya menjadi hitam dan berjamur, serta kelemahan yang akan menumpuk, yang bisa membuat dapur beresiko mengganggu kesehatan pemilik rumah, jika dibiarkan maka pastikan untuk mencucinya hingga bersih setelah digunakan.

Baca Juga:  Ide Dapur Sederhana yang Bisa Kamu Tiru!

5. Spons Cuci
sampai seperti Sink jika sabun dan minyak dari piring kotor dispon cucipiring. Bisa juga menjadi hitam, apalagi kalau sponnya dibiarkan di pasa kuman akan semakin lebat berkembang biak dengan cepat dan akan menyebarkan peralatan makan yang sudah dicuci menggunakan spon.

Pastikan Anda mencuci spons yang baru saja Anda gunakan lalu letakkan spons di tempat yang kering. Agar spon tidak terlalu lama basah sebaiknya ganti spon katakan sekali untuk menghindari penumpukan kuman berbahaya,

6. Talenan
Sebagai tempat menyimpan bahan makanan dan Persiku menjadi tempat bersarangnya kuman dan kuman yang ada. dibawa di atas Daging dan sayuran bisa menempel di celah-celah talenan. Celah ini biasanya terbentuk dari goresan pisau saat memotong bahan masakan.

Karena itu penting bagi Anda untuk memperhatikan bahan talenan dan membersihkan damper secara menyeluruh sebelum dan sesudah digunakan. Kalau perlu ganti talenan setelah banyak yang tergores.

7. Kran
Kran juga menjadi jembatan sebagai tempat menumpuknya kuman. Gangang kran sering di pegang banyak orang sehingga berpotensi tumouknya kuman. Tak hanya itu saja cekah pada kran juga berpotensi menjadi tempat persembunyian kuman dan dapat berpindah ke tangan saat pemilik rumah selesai mencuci tangan.

8. Floor Drain
Area penyearing kotoran setelah mandi dan mencuci. Tentu saja ini adalah tempat favorit kuman. Di sinilah benda-benda mengalir terbawa oleh air yang disaring dan terperangkap. Jika dibiarkan, saluran air tidak hanya akan tersumbat, tetapi juga akan menumpuk kuman. Itu bisa membuat kamar mandi bau jadi perhatikan kebersihan floor drain di rumah dan bersihkan area ini secara rutin dari tumpukan sampah yang mengganggu.

Baca Juga:  6 Cara Membasi Kepinding Di Kasur

9. Tempat Sikat Gigi
Tempat sikat gigi biasanya berupa gelas yang bisa menampung air. Yaitu terbawa dari sikat gigi basah yang baru saja digunakan. Jika airnya dibiarkan sebentar saja bisa menjadi sarang kuman dan menempel di sikat gigi, maka bukan tidak mungkin kuman itu akan berpindah ke mulut manusia.

Jika sikat gigi tidak dibersihkan dengan baik, Karena sebab itu Lebih baik membersihkan temoat sikat gigi secara teratur dan memilih tempat penyimpanan yang memiliki air. Kita perlu menggunakan sikat gigi yang dilengkapi dengan penutup untuk menghindari terkontaminasinya kuman tertentu pada sikat gigi.

10. Karpet
Selain tempat basah, tempat kering juga berpotensi menjadi tempat kuman menumpuk, salah satunya karpet di dalam ruangan yang berisiko menumpuknya kuman jika anda menggunakan karpet berbulu panjang. Padahal karpet yang berbulu pendek juga perlu membersihkannya dengan penyedot debu setiap hari.

Leave a Reply

4